Sabtu, 03 Maret 2018

Kertas Musnah, Ini yang Terjadi pada Smartphone Kamu.

Kertas bukan lagi sebagai media utama untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sekarang dunia digital mengambil peranan penting tak hanya sekadar dapat memenuhi kebutuhan, tapi memudahkan pekerjaan manusia.
Maka manusia sadar atau tidak mulai menunjukkan sikap ketergantungan terhadap smartphone yang mereka miliki. Menjadikan smartphone sesuatu yang sangat penting untuk dianggap lebih, tidak hanya sebuah fasilitas melainkan dianggap sebagai partner.

Melihat banyak hal yang bisa dikerjakan atau diselesaikan hanya dengan smartphone maka tingkat ketergantungan manusia terhadap smartphone akan semakin meningkat, seiring dengan penggunaannya tanpa batas.

Penggunaan smartphone yang berlebihan akan memberikan dampak negatif. Sebagai berikut:

1. Membuat Efek Candu.

Meningkatnya sikap anti sosial maka manusia akan kecanduan terhadap smartphone, seolah tak bisa hidup tanpa smartphone atau gawai lainnya.  Semakin sibuk dengan dunia mereka sendiri, menghabiskan banyak waktu di depan layar smartphone mereka, menyelesaikan pekerjaan, memperoleh segudang informasi, bahkan asyik berkomunikasi dengan orang yang jauh namun mengabaikan interaksi sosial dengan orang dekat yang berada di sekitar.

2. Bangkai Smartphone Menumpuk.

Bahkan saking kecanduannya manusia terhadap smartphone, satu orang bisa memiliki dua, tiga, atau lebih smartphone. Keinginan manusia tidak terbatas. Semakin hari maka semakin merasa membutuhkan. Hal itu akan menjadikan bangkai smartphone yang sudah tak terpakai menjadi sampah yang dapat membahayakan bumi. Karena bahan-bahan smartphone merupakan bahan yang sulit terurai.

Semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia harus cerdas menyikapi dunia digital jangan sampai menjadi budak dari kemajuan itu sendiri.

Jika kebiasaan itu terus berkelanjutan, maka smartphone diposisikan sebagai Raja, lalu si pengguna sebagai budak. Mari kita lebih bijak menyikapi majunya teknologi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar