Selasa, 11 Februari 2020

Saat Ada Orang yang Tidak Menyukai, Apa yang Harus Saya Lakukan?


"Buk, saya sering diganggu kawan-kawan, mereka terang-terangan bilang nggak suka sama saya, saya harus gimana, Buk? Saya ngerasa semua jadi serba salah."

Apa boleh buat, di bumi ini selalu ada mereka yang usil yang sukanya menjatuhkan bukan mendukung.
Apa boleh buat, mereka yang suka mengkerdilkan orang lain selalu bertebaran di mana-mana. Sampai dunia ini berakhir barulah mereka berakhir.

Tapi sebelum terlalu jauh membahas mereka, jangan-jangan kita juga bagian dari mereka, bisa jadi tanpa disadari melakukan hal yang serupa. Kitalah yang tahu persis siapa kitakan, Yun?

Ini saatnya melihat diri sendiri, kejadian di alam semesta ini berlaku hukum sebab-akibat, jangan-jangan saat kita di dekatkan Allah dengan orang-orang yang buruk, barangkali itu adalah sebuah teguran. Bisa jadi.

Dengan muhasabah kita akan menemukan bagian mana yang harus kita perbaiki. Fokus untuk pembenahan diri. Kita bisa mengendalikan pikiran sendiri, tapi tidak pikiran orang lainkan?

Bingung mulai dari mana?

Mulailah dengan mengendalikan pikiran negatif, ubah menjadi positif. Dan itu semua tak mudah, perlu latihan berkali-kali (saya juga masih terus berlatih), sibuk mengevaluasi diri, belajar lebih banyak, bekerja lebih keras, sampai yang terpikir adalah bagaimana kita lebih baik dari hari ke hari.



2 komentar:

  1. Bagus buk tulisannya..keren...semangat dan terus berkarya ya buk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi apresiasinya ya, ayo kita sama2 semangat berkarya.

      Hapus