Rabu, 25 Maret 2020

Pencernaan Bahagia, Makan Sayur Mentah.

"Makan sayur mentah?"
"Iya, kenapa?"
"Jangan ngalahi kambing, dong."

Sebagian masyarakat masih ragu untuk makan sayur mentah, beragam alasan mulai dari takut bahaya pestisida, bakteri, atau keracunan. Padahal pestisida juga tidak hilang saat dimasak. Sedangkan jika kita mencuci sayur dengan benar dan tahu sayuran apa yang bisa dimakan mentah, efek positif akan segera kita rasakan. Terlebih lagi pada penderita penyakit serius, seperti kanker, makan sayur mentah sekitar 80% akan membantu proses penyembuhan.

Pada dasarnya vitamin mudah teroksidasi, sayur yang dimasak jelas berkurang zat vitaminnya. Ada alternatif cara makan sayur untuk mendapatkan vitaminnya dalam jumlah besar yaitu dibuat smoothie atau jus, meskipun masih lebih baik saat makan dalam bentuk yang utuh.

Setiap tanaman punya racun alami, oleh karena itu, makan sayur harus bervariasi, supaya racun alami tidak menumpuk di dalam tubuh. Dan tubuh mendapat nutrisi yang cukup.

Berikut beberapa resep green smoothies dan jus yang saya suka, yang mungkin bisa dijadikan inspirasi.

Green smoothies

1. Bahan: Pokcoy, Timun, air kelapa muda, alpukat, tambahkan cuka apel, minyak zaitun/VCO
(Air kelapa bisa diganti dengan air biasa)

2. Bahan: Daun Katuk, Daun Kare, Daun Kemangi, Timun, air kelapa, VCO/Minyak Zaitun.

3. Bahan: Bayam, sawi, timun, VCO, Air kelapa.

(Dan sebenarnya masih banyak lagi sayuran yang bisa dibuat smoothie, asal jangan daun singkong ya)

Jus

1. Bahan: wortel, bit, bengkuang, air, VCO.

2. Bahan: Jahe, Bengkuang. (Susu Jabeng)

Selain dibuat smoothie atau jus, membuat salad juga bisa sebagai alternatif. Kebiasaan orang-orang Mediterania makan salad, membuat mereka dijuluki sebagai pola makan yang paling sehat di dunia. Saya kutip dari klik di sini

Diawal mencoba mungkin lidah kita butuh penyesuaian, membentuk kebiasaan pola makan yang baru butuh waktu, jadi lakukan dengan santai sealami mungkin ya, pelan-pelan tubuh kita akan terbiasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar