Jumat, 10 Juli 2020

Hindari Makanan Ini. Keluhan Sakit Di Badanmu Kabur


Diawal berniat ingin mengubah gaya hidup yang lebih sehat, saya bukan langsung berhenti makan nasi. Alasannya Klik di sini. Saking candunya makan nasi, saya ganti nasi putih dengan nasi merah yang dipercaya jauh lebih sehat dan aman. Dan sekarang saya baru sadar ternyata selama ini jadi korban banyak produsen makanan.

Langkah awal

Mengurangi bahkan berhenti makan makanan kesukaan. Lho? Ya karena, saya adalah manusia kekinian yang keblinger makanan pabrikan: biskuit, roti, snack, coklat, keju, susu, yogurt, ice cream, dan masih banyak lagi. Itu semua makanan favorit sehari-hari.

Kadang bingung, adakah makanan yang tidak saya sukai? Oh ingat, dulu saya anti sekali sama bawang merah, bawang putih, kalau ada dua makhluk itu kelihatan di makanan, mau selezat apapun, jadi takut makannya. Berbanding terbalik dengan kondisi sekarang, masakan dengan aroma dan rasa yang kuat dari bawang malah menambah selera. Sudah seharusnya ya memilih realfood, daripada zunkfood.

Kembali lagi kepersoalan kebiasaan saya yang doyan makan. Dalam kondisi stres pun saya masih doyan makan, malah lebih rakus dari biasanya.

Kalau diingat-ingat, inilah salah satu kebiasaan yang membuat saya menderita GERD. Makan berlebihan dan kurang memperhatikan apakah makanan itu toyyib atau tidak. Asal mulut ingin makan selalu dituruti. Jadi bukan karena telat makan ya yang buat sakit. Malah telat sedikit bagus lho. Misal dipagi hari kita melakukan diet puasa atau intermittent fasting (IF) Berhenti makan dalam beberapa waktu, biasanya dipagi hari. Selama IF dianjurkan lebih banyak minum air putih. Setiap 15 menit sekali minimal minum 2-3 teguk air hangat. Sampai seberapa sanggupnya. Kalau saya, biasanya brunch mulai pukul 10.00. Wib. Setelah jalan kaki dan berjemur. Atau kadang bisa dibawah jam 10 atau malah di atas jam 10 tergantung kondisi tubuh.

Nah, saat brunch apa yang saya makan?

Tergantung stok yang ada. Kalau ada buah, ya saya makan buah. Kalau yang ada sayur, biasanya saya buat smoothies atau salad. Pokoknya makanan yang mudah dicerna.

Salad 

Smoothies


Daftar makanan yang saya eliminasi, episode pertama:

1. Produk Dairy dan turunannya.
2. Tepung Terigu
3. Gula Pasir

Saya mulai dengan berhenti makan ketiga makanan itu. Dan akhirnya makanan favorit yang saya tuliskan di atas, terjaring semua. Diawal cukup 3 saja dulu ya. Kalau sudah terbiasa baru masuk ketahap selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar